EKSTROVERT DAN INTROVERT

1. Lebih suka sendiri vs Lebih suka membaur
     Dibanding ekstrovert, introvert lebih suka menyendiri dibanding bergabung/bersosialisasi. Intrivert lebih suka menghabiskan waktu mereka untuk kegiatan-kegiatan lain seorang diri.
Disisi lain introvert juga lebih suka tempat yang sepi, berbalik dengan ekstrovert yang lebih suka dengan keramaian. Untuk sang introvert tempat ramai bukan kenyamanannya. Mereka akan seberusaha mungkin mencari tempat sepi, karena dengan tempat sepi plus sendiri itu bagaikan mengisi daya tersendiri. Sedangkan untuk ekstrovert daya energi mereka adalah dengan membaur, bersosialisi, dan gemar canda.
Di tempat ramai, introvert juga lebih berusaha untuk menghindar berinteraksi dengan orang lain karena hal itu bukan keahliannya.
Tetapi di sisi lain intrivert lebih suka berpikir dahulu sebelum berbicara.
2. Tidak suka tantangan vs Suka tantangan
     Mengapa orang introvert tidak menyukainya?
Karena mereka dibekali ambang sensoris yang rendah dan rangsangan kortikal tinggi. Sebaliknya, orang ekstrovert begitu suka dengan kegiatan-kegiatan yang menantang seperti kegiatan mendaki gunung/ bukit, offroad, marathon, bersepeda, dll karena mereka dibekali dengan rangsangan kortikal rendah dab ambang sensoris tinggi.
Lantas, kegiatan seperti apa yang disukai oleh para introvert? Pastinya kegiatan-kegiatan yang memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Misalnya saja membaca buku-buku dengan isi yang berbobot, menulis buku harian atau karya tulis lainnya, melukis, meneliti suatu objek, dan masih banyak lainnya.
3. Pendengar vs Pencerita 
     Untuk introvert mereka lebih suka untuk mendengarkan daripada pencerita seperti ekstrovert. Ekstrovert lebih mempunyai percaya diri tinggi dan antusias yang tinggi. Tapi, terkadang introvert juga seringkali menjadi pencerita kok, itu berarti introvert percaya dengan pendengarnya. 
4. Cara bersosialisasi
     Dibanding introvert, ekstrovert lebih terbuka, supel, senang mencoba, optimis, dan kurang dapat dikontrol. dalam pekerjaan pun ekstrovert lebih senang untuk bekerja sama-sama.
Untuk introvert, dia lebih tertutup, berhati-hati, pesimis, tenang, terkontrol, dan pendiam. Maka dari itu, tidak banyak yang menuduh introvert adalah seseorang yang anti sosial(ansos). Sebenarnya introvert itu bukan ansos, tetapi introvert cenderung memusatkan energi ke dalam dirinya sendiri. Itulah sebabnya introvert lebih menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOLOGI YUNANI(SIREN)

LIRIK LAGU 2!3! BTS TERJEMAHAN ENGLISH AND INDONESIAN

About EXO